Senin, 21 Oktober 2013

ALLAH SWT ITU ADA: STORY TELLING RAJA NAMRUD MENGAKU TUHAN (PAI SD KELAS 1)



Mendengarkan Cerita
Raja Namrud Mengaku Tuhan
Berita Ibrahim si pengolok berhala akhirnya sampai pada Namrud sang raja.
Begitu Ibrahim ditangkap, segera ia diperintah untuk menghadap.
Kepada Ibrahim, Namrud berkata,
“O Ibrahim, engkau berkata dirimu adalah utusan Tuhan.
Tuhan yang mana yang kamu bicarakan?
Sudahkah engkau melihat Tuhan yanng menjadikanmu seorang utusan?
Siapakah Dia yang engkau ajak kaumku dan kaummu mengikutinya?
Di manakah gerangan kerajaan-Nya?”

Ibrahim menjawab,
“Tuhanku adalah Dia yang menghidupkan orang yang mati
dan yang mematikan orang yang hidup”.
Namrud serentak menjawab,
“Aku pun bisa menghidupkan orang yang mati dan membinasakan orang yang hidup”

Ketika Ibrahim bertanya tentang caranya, Namrud menjawab,
“Aku menghukum dua orang untuk aku bunuh. Yang satu aku ampuni, aku berikan padanya kehidupan setelah kematiannya.
Dan yang lainnya aku tebas dengan pedangku.
Bukankah aku adalah dia yang mematikan dan menghidupkan?”

Mendengar jawaban Namrud yang berbeda dengan nalarnya, Ibrahim bertanya lagi,
“Tuhanku adalah dia yang mengeluarkan matahari dari ufuk timur.
Jika benar engkau adalah Tuhan, keluarkanlah matahari itu dari ufuk barat”.
Namrud diam tak berdaya dan segera mengusir Ibrahim dari istananya.



Setiap makhluk yang ada di alam semesta senantiasa berpasangan
dan tidak bisa hidup sendiri.
Manusia adalah makhluk sosial.
Kita memiliki ayah, ibu, kakek dan nenek.
Dan di antara kita juga ada yang memiliki kakak, adik, saudara, paman, bibi dan teman-teman.
Tidak demikian dengan Allah.
Allah adalah Zat Yang Maha Esa. Tidak ada yang setara dengan Allah. Tidak memiliki pasangan siapapun. Allah tidak memiliki anak dan istri.
Dialah yang satu. Tidak memiliki bagian-bagian.


 
Katakanlah (Nabi Muhammad saw): “Dialah Allah Yang Mahaesa. Allah tumpuan harapan (semua makhluk). Tidak beranak dan tidak diperanakkan. Tidak ada sesuatu pun yang setara (dan yang serupa) dengan-Nya
(QS. Al Ikhlash, Mensucikan Keesaan Allah (112) : 1-4)


 


Ayo Menyanyi
Tuhan Saya Allah
Lirik : Topi saya bundar
Agamaku Islam, Islam agamaku
Kalau bukan Islam, bukan agamaku

Tuhan saya Allah, Allah Tuhan saya
Kalau bukan Allah, bukan Tuhan saya

Tuhan saya satu, satu Tuhan saya
Kalau tidak satu, bukan Tuhan saya



Pelangi

Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukis mu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi ciptan Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar