|
UJIAN SEKOLAH PRAKTIK
SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Hari /
Tanggal : Senin, 08 April 2013
Waktu : Pukul 07.30 s.d.
selesai
I.
AL-QURAN
A.
Standar Kompetensi
Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan
surat-surat pendek dalam al Quran mulai surat Al Fatihah sampai Al ‘Alaq
B.
Kompetensi Yang Diuji
Membaca, menghafal dan mengartikan surat-surat pendek
pilihan mulai surat Al Fatihah sampai Al ‘Alaq
C.
Indikator
Peserta didik dapat membaca, menghafal dan mengartikan
surat-surat pendek pilihan mulai surat Al Fatihah sampai Al ‘Alaq
D.
Soal dan Pedoman Penilaian
1.
Membaca
Bacalah surah-surah di bawah ini!
a.
QS Al Maidah ayat 3
b.
QS Al Hujurat ayat 13
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Tajwid
|
4
|
2
|
Kelancaran
|
4
|
Skor Maksimal
|
8
|
|
NILAI MEMBACA (A) =
Skor Perolehan
|
2.
Menghafal
Hafalkan surah-surah pendek pilihan di bawah ini!
a.
QS An Nashr
b.
QS Al Lahab
c.
QS Al Kaafiruun
d.
QS Al Maa’uun
e.
QS Al Fiil
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Kelancaran hafalan
|
4
|
2
|
Tajwid
|
4
|
Skor Maksimal
|
8
|
|
NILAI MENGHAFAL (B) = Skor Perolehan
|
3.
Mengartikan
Artikan surah-surah pendek pilihan di bawah ini!
a.
Al Fatihah
b.
Al Ikhlash
c.
Al Lahab
d.
Al Kaafiruun
e.
Al Fiil
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan dalam Mengartikan
|
8
|
Skor Maksimal
|
8
|
|
NILAI MENGARTIKAN (C) = Skor Perolehan
|
NILAI AL QURAN (N1) = A
+ B + C X 100
24
TABEL NILAI AL QURAN

II.
FIQIH
A.
Standar Kompetensi
Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari thaharah
(bersuci) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
B.
Kompetensi yang Diuji
Melaksanakan wudhu dan shalat dengan benar
C.
Indikator
1.
Peserta didik dapat mempraktikkan wudhu dengan benar
2.
Peserta didik dapat mempraktikkan shalat dengan benar
D.
Soal dan Pedoman Penilaian
1.
Praktikkan wudhu dengan benar!
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Niat
|
2
|
2
|
Tata cara
|
2
|
3
|
Tertib
|
2
|
4
|
Doa sesudah wudhu
|
2
|
Skor Maksimal
|
8
|
|
NILAI WUDHU (D) =
Skor Perolehan
|
2.
Praktikkan shalat dengan benar
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Bacaan
|
2
|
2
|
Gerakan
|
2
|
3
|
Keserasian Bacaan dan gerakan
|
2
|
4
|
Tuma’ninah
|
2
|
Skor Maksimal
|
8
|
|
NILAI SHALAT (E) =
Skor Perolehan
|
NILAI FIQIH (N2) = D + E X 100
16
TABEL NILAI FIQIH

III.
AMALIAH
A.
Standar Kompetensi
Melafalkan doa-doa dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi Yang Diuji
Melafalkan doa-doa pilihan
C.
Indikator
1.
Peserta didik dapat melafalkan doa kebaikan dunia dan akhirat
2.
Peserta didik dapat melafalkan doa untuk kedua orang tua
3.
Peserta didik dapat melafalkan doa sebelum dan sesudah makan
4.
Peserta didik dapat melafalkan doa sebelum dan bangun tidur
5.
Peserta didik dapat melafalkan doa masuk dan keluar masjid
D.
Soal dan Pedoman Penilaian
1.
Lafalkan doa-doa pilihan di bawah ini!
a.
doa kebaikan dunia dan akhirat
b.
doa untuk kedua orang tua
c.
doa sebelum dan sesudah makan
d.
doa sebelum dan bangun tidur
e.
doa masuk dan keluar masjid
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Adab
|
3
|
2
|
Bacaan
|
4
|
3
|
Arti
|
3
|
Skor Maksimal
|
10
|
|
NILAI AMALIAH (F) =
Skor Perolehan
|
NILAI AMALIAH (N3) =
F X
100
10
TABEL NILAI FIQIH

NILAI AKHIR =
N1 + N2 + N3
3
Jatibarang, April 2013
Mengetahui
Kepala Guru Pendidikan Agama Islam
SUDIANA, S.Pd.SD AHMAD FAOZAN, S.Ag
NIP 196504201986101003 NIP 197909042005011004
Mengesahkan:
Pengawas Pendidikan Agama Islam
Kecamatan Jatibarang
Drs. KHARIRI, M.Si
NIP 196810051999031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar